February 05, 2013

Kelas Inspirasi 2013 #1

Hai..hai..
.
Udah lama ngga menyapa followers lewat blog ini..tp memang akhir - akhir ini saya sedikit agak malas untuk berkunjung ke blog dan meng-update cerita, entah kenapa..mungkin karena kegiatan rumah tangga yang sedikit terbengkalai sejak tahun baru kemarin..yep, selalu ada alasan untuk menjadi malas..hahahhaha...

But, those lazy days are over now.

Sekarang saya udah mulai tergerak untuk menggeleserkan badan memandangi layar laptop berharap ada sedikit ide yang akan muncul..apalagi ini udah bulan Februari dan Januari kemarin gone by just in a blink of an eye according to me tanpa ada kegiatan menulis yang produktif dari saya.
Hiiikkss..sekarang saya bisa merasakan penderitaan seorang penulis profesional yang sudah dikejar deadline dan sang editor, berharap bung "ide" bisa jump into their brain.

Bicara tentang penulis, saya jadi ingin bicara tentang bagaimana sebuah profesi bisa membuat orang lain merasa terinspirasi.

Beberapa minggu yang lalu, tepatnya tanggal 22 Januari, saya browsing di sebuah media sosial dan mendapatkan timeline akun saya sedang ramai oleh mention Kelas Inspirasi dan hashtag #KelasInspirasi.
Saya penasaran, apa sih Kelas Inspirasi itu ? How come that it's such a trending ?
Lalu saya browsing website mereka and...whhooaa..no wonder menjadi trending, karena Kelas Inspirasi memang sangat menginspirasi.

Kelas Inspirasi ini adalah bagian dari program Indonesia Mengajar yang digagas oleh Bpk Anis Baswedan, you can follow his twitter here , yang mengajak para profesional yang sukses karena pendidikan untuk turun tangan berbagi cerita dan pengalaman kerja selama sehari di Hari Inspirasi.
Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antara profesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD negeri sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus.

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan SD-SD di Jakarta, khususnya SD Negeri.
Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi.
Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.


Saya pun memberanikan diri untuk join KI dan berharap semoga bisa terpilih..kemudian buru - buru cek tanggal deadline submit essai, ternyata, deadline-nya adalah tanggal 22 Januari malam.
DANG !
Padahal sewaktu saya mau bikin essai itu sudah tanggal 22 Januari siang.
Langsung saya gradak gruduk mencoba memberi deskripsi tentang profesi saya.

Daaaann..saya dilanda kebuntuan ide !
Apa profesi saya ? apa yang sudah saya berikan untuk masyarakat sekitar saya ? Apakah saya sdh cukup memberi inspirasi untuk masyarakat sekitar saya ?
Pikiran - pikiran tersebut hampir membuat saya mundur untuk mendaftarkan diri..membayangkan bahwa di usia saya yang sudah 32 tahun ini tapi kontribusi saya terhadap masyarakat masih sedikiiit sekali. Shame on me !

Tapi kemudian saya memandangi foto - foto kegiatan para relawan lain yang sudah gabung, melihat anak - anak SD dengan muka mereka yang penuh dengan rasa keingintahuan dan semangat belajar, membuat saya memantapkan tangan saya untuk mulai menulis dan merangkai kalimat per kalimat, yang mudah - mudahan bisa menginspirasi para panitia KI untuk meloloskan saya tahun ini..hahahhaha..;p

Dalam kolom profesi, saya menuliskan crafter/desainer tas sebagai profesi saya.
Karena selama 2 tahun lebih ini saya menjadi crafter dan memutuskan untuk mulai menulis walaupun baru sebatas di blog.
I'm a crafter and i'm proud of it !

Bismillah..semoga essai saya bisa menginspirasi mereka..dan saya sent semua data diri sekaligus essai saya sebelum saya berubah pikiran lagi dan kembali having a cold feet...;p

Mereka akan memberi informasi tentang siapa yang lolos seleksi pada tanggal 30 Januari katanya.
Dan selama seminggu ke depan saat itu, i'm in torture.
Torn between the idea of "not too think about it, if it yours then it's yours" dan "god damn..i hope they choose me, cause i can be like very inspirational to all those kids"
Hahahahhahaha..ngaaareeppp..;p

Akhirnya tanggal 30 Januari datang, dan..
I'M IN !
I'M IN !
I'M IN !!!
Alhamdulillah...

Bagaimana proses project "Keriaan Selama Sebulan" ini akan berlangsung ?
You just wait and keep on reading my blog.
There will be like huge post about it.

"Langkah menjadi panutan. Ujar menjadi pengetahuan. Pengalaman menjadi inspirasi."
- Anies Baswedan -

Selamat Menginspirasi.

website : Kelas Inspirasi
twitter : @KelasInspirasi
facebook : Kelas Inspirasi

1 comment:

  1. Yey!!! Keren mba.. dari cerita ini aja udah menginspirasi.. :)

    ReplyDelete