December 14, 2012

An Affair With Dian Kusuma Wardhani From Capungmungil

Before you protest, i have a very reasonable explanation why this affair is sooo late from schedule.

I must admit that lately i have a very very bad time management on scheduling something..that's because i felt overwhelmed with my chores.
But, i don't want your pity..hehehee..gotta do one step at a time, right ?

Without any further blabs from me..i would like to present you this month's affair with Dian Kusuma Wardani from Capungmungil


I never met mba Dini before,but i feel like she is my other-half.
I feel like we've known each other for ever..i think that's because our fond on DIY things, and our participation (and responsibility) in handmade community, Indonesian Crafter.

Mba Dini is one of my inspiration among other creative crafters i met in Indonesian Crafter. As an author of many crafting books, i think i (or perhaps we?) learn a lot from her and her tutorial about DIY things.




And so i'd like for us to have an affair with Mba Dini to get to know her more..here we go..

Gimana cerita awal mba dini berkecimpung di dunia handmade ?
Sejak 2007, sejak nikah dan pindah ke Malang, sebelumnya saya 10 th tinggal di Bandung.
Sebetulnya latar belakang saya sih arsitektur..dan dari kecil (SD) saya suka bikin apa aja mulai saputangan yang disulam sampe taplak meja, undangan dan suvenir kawinan kakak.. saya buat sendiri.. jadi emang ngga bisa diem dan saya suka banget bikin sesuatu yang unik, cantik dan bermanfaat apalagi saya suka menggambar dan mendesain. Background arsitektur cukup membantu saya didalam mendesain produk-produk handmade ini. Latar pendidikan arsitektur memberi saya pengetahuan tentang komposisi bidang, warna dan tekstur.
Yang bikin saya terjun ke dunia craft: saya suka desain, saya gak bisa diem dan itu adalah passion yang tersembunyi..hehehe..yang tidak bisa didapat kalau kerja kantoran hehehe..(saya seorang dosen/PNS).
Meski saya suka mengajar all about crafting bikin selalu bersemangat dan karya-karya baru itu bikin awet muda hehehe..

Ide nama Capungmungil dari mana sih mba ?
Karena enak didengar.. ca-pung-mung-il..
Saya sering amati kalo bikin tag/brand untuk anak-anak (misal baju atau mainan) itu pake lebah, kepik atau kura-kura..saya pikir capung lucu juga dan gak kalah kiyut.. kalau kecoa mungkin ngga cocok kali yaa..hahahha..

Apakah dunia DIY bisa dijadikan mata pencaharian atau hanya sebatas hobi yang menguntungkan ?
Hmmm..kalau bicara kans besar kecilnya itu tergantung kita memandang.. banyak orang yang menyangsikan capungmungil pada awalnya.
Saya sempat disindir teman karena saya lulusan S2 tapi kok hanya bikin beginian..tapi buat saya hidup itu harus happy dan harus bermanfaat dengan jalan yang baik.
Perlu kerja keras dan komitmen dalam segala hal begitu juga berwirausaha di bidang handmade. Tapi yang jelas saya sebetulnya bukan berbisnis atau mencari uang lewat capungmungil..tapi saya berkreasi with heart lewat capungmungil, alhamdulillah jika karya saya diapreasi.
Menurut suami, saya ini sebetulnya adalah artist (seniman) yang kebetulan saja bisa menjual..tapi dasarnya ya itu tadi seniman..jadi kalau bisnis lagi turun ngga pernah kuatir malah seneng bisa istirahat..hehehehe..dan bisa konsen bikin karya baru.
Satu hal yang bisa membuat saya tetap komit menjalankan usaha ini adalah perajin-perajin saya, karena mereka menggantungkan penghasilannya lewat saya.
Saya sebetulnya juga jarang ikutan bazar (karena punya krucil kembar), jadi saya lebih konsen di blog dan komunitas crafter.
Network itu penting, dan ekspos by media juga turut membesarkan nama capungmungil.

Gimana cara bagi waktu antara keluarga, kerjaan kantor dan kerjaan di capungmungil ?
Membagi waktu terus terang merupakan hal sangat susah.
Saya mencoba menyiasatinya dengan mengalokasikan waktu khusus hari minggu untuk menyelesaikan pesanan, juga mencuri waktu setelah anak-anak tidur malam untuk mebuat desain dan finishing. Sedangkan pekerjaan saya sebagai dosen saya selesaikan di kantor sehingga tidak mengganggu aktivitas di rumah. Jangan lupa untuk mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan, beri mereka kepercayaan agar mereka juga nyaman dalam bekerja.
Yang terpenting adalah bisa menyusun skala prioritas dan perencanaan kegiatan mingguan.
Prioritas utama saat ini masih anak-anak, karena mereka sedang memasuki masa golden age, oleh sebab itu saya belum progresif mengembangkan Capungmungil. Dan ternyata anak-anak justru senang terlibat pembuatan mainan, anak perempuan saya bahkan terlihat mewarisi kreatifitas saya. Suami saya juga dengan senang hati membantu paling tidak untuk mengirimkan paket dan berbelanja bahan.

Bagi - bagi saran dan tips untuk para newbie crafter dalam membangun usaha handmade dong mba ?
Wah sebetulnya kalau saya blog walking..lihat karya para indie crafter..saya suka terkagum-kagum sendiri dan sampe tidak menyangka bahwa ternyata banyak sekali orang yang sekarang memutuskan utk jadi indie crafter.. two thumbs up toek para indie crafter Indonesia.
Be a trendsetter not just follower.. miliki ciri dan karakter pada karya kita masing-masing dan karya Indonesia bisa makin kaya, dan tidak perlu harus ikut tren atau arus...kalau bisa sih ciptakan tren sendiri.
Be happy with your choice as a crafter and have fun...:)

Apa cita - cita untuk capungmungil jangka panjang ?
Cita cita capungmungil sebetulnya simple saja.. yakni tidak berhenti berkarya. Insyaallah kalau diijinkan ingin sampai tua tetap berkreasi dan mewariskan ketrampilan ini ke anak bahkan cucu...crafting jadi family tradition..hehehe..
Kalau cita cita seriusnya yaa...bikin majalah crafting seperti mollie makes atau stitch ideas, dan satu lagi, kalau ada masak memasak begitu digemari dan menjadi chef begitu kereeen..kenapa ya ngga ada acara buat crafter ? seruuu kan pasti..ehehe..;p

See that ??.
See why us as an indie crafter having trouble with time management ?? hahaha..
Because we have so many things to do, with a little time (and a little help too).

As usual..with this affair comes a great freebies to giveaway from our guest..yyiippiiee..

Answer this question below in comment column along with your email address :

Craft apa yg menurut teman-teman paling sulit dan paling ingin di pelajari ?

Do all these things below too :
Follow Capungmungil and Miss Chesie blog.
Follow Capungmungil and Miss Chesie twitter.
Like Capungmungil and Miss Chesie fan page.
Share and spread this joyful news to every social media you have.
Put our button in your blog.

And win these must have books for 3 lucky winners/giveaway hunters/followers.
1 books for 1 winner.


Deadline will be until January 5, 2013.

Good luck crafters..and keep on crafting !

31 comments:

  1. halo,, halo,,
    setuju deh bagian 'acara khusus crafter',, knapa nggak ada ajang pencarian bakat untuk crafter ya,,? smacam master chef gitu hehe,,

    eh, blum jawab pertanyaan :p
    yg mnurut sy paling susah itu jahit pouch, wallet, tas dan sejenisnya,, mungkin mnurut yg lain mudah ya,, tp saya blum bisa jadi susah,, pengen banget bisa,, :D

    salam,
    Sari
    ratihpadmasari@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Belom pernah ikut GA nih sebelumnya...tertarik ikut GA kali ini karena pertanyaannya...^^
    Craft yang paling susah menurut saya...dan sangat ingin sekali saya pelajari itu...Patchwork dan Quilting!!! Sebegitu "admire" nya saya sama crafter patchwork n quilting...saya bikin board di Pinterest dg title "Adore Patchwork and Quilting" . Pengeeeeen banget belajar craft ini...bahkan sampai bela2in ikut workshop IC ke Jakarta dan sesumbar bilang abis ini mau bikin bedcover...hehehe...dan sampai sekarang belom kesampaian....duh jadi ngelantur...:)

    Thanks ya,
    Sukses selalu untuk mbak Dini dan mbak Chesie!!!
    Eka Rainbow
    http://www.facebook.com/RainbowCraftSouvenir

    ReplyDelete
  3. halo
    craft yg susah buatnya menurutku ya knitting, duh bener2 butuh ketlatenan tingkat dewa deh, kalo aku buat mesti kendor sana sini, hasilnya lembek gitu, hiks. padahal udah diajarin sama ibu, tetep aja gak berhasil.
    jadi aku suka ngoleksi aja. kalo ada craft bazar gitu aku pasti lgsg kalap, pengen beli semuanyaaaa, hihihihi :D

    aku udah ikutin semua step di giveaway ini, semoga kali ini berhasil menang, aamiin :)

    makasih
    riris
    rizkiyah.ristianty@yahoo.com
    http://pinkupenguin.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Hai salam kenal ya...^^
    Step by step udah aku ikutin buat GA kali ini.. :)

    Bagi aku nih mengena banget yang ditanyakan. Sempet ragu juga kalo menyebut diri sebagai crafter secara masih bisa bikin yang simple-simple aja. Buanyaaakk yang belum dicoba dan memang lagi break beberapa bulan terakhir. Yang paling pengen ditekuni sih semua yang berhubungan dengan mesin jahit karena selama ini cuma bisa bikin craft jahit tangan doang.

    Tapi, targetnya memang dalam waktu dekat pengen nekunin yang nggak jauh2 dari aroma anak-anak. Tas anak, Boneka anak, Bantal anak, Mainan anak, selimut anak, semua yang berhubungan dengan anak. Jadi kebanggaan aja kalo berhasil bikin sesuatu yang menyenangkan buat anak. Setelah berhasil untuk anak baru pede bikin buat yang lain.. Hehehe...

    Sorry kalo kepanjangan...:) Semoga dewi fortuna menghampiri saya..^__^

    Salam Semangat
    - May -
    http : //galerinazha.blogspot.com
    may.nazha@yahoo.com - naz.accessories@yahoo.com


    ReplyDelete
  5. follow...follow...follow....follow....

    craft yang paling sulit? semuanya sulit perlu kesabaran ekstra dan itu ngga ada didiri saya:) tapi diantara bermacam-macan craft, yang paling sulit dan pengen banget bisa adalah CROCHET

    apa yang ingin saya pelajari?
    saya tipe orang latah :) liat flanel warna warni langsung berkreasi dg flanel. Liat kancing lucu-lucu langsung beli meski belum tahu mau buat apa:(
    liat kain langsung menghiba ke suami untuk dibelikan,tapi hanya bisa buat totebag, begitu juga kalau ketoko kertas siap-siap deh beli kertas warna warni, dan lucunya koleksi benang buat crochetku lumayan banyak padahal aku belum bisa:)
    pede banget ya:)

    yektifandi.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. ikutan ya mba ^^
    follow blog sudah dilakukan tapi fb ma twitter saya ga punya :(
    pasang sidebar dan sahre diblog suadah dilakukan, silahkan berkunjung kesini : http://rainbow-study.blogspot.com/2012/12/ga-miss-chesie-capung-mungil.html
    ini email saya :misscova@gmail.com

    Craft apa yg paling sulit?
    Menurut saya, semuanya sulit banget, secara saya baru belajar. sekarang saya lagi belajar membuat sesuatu yang berbahan kain planel. Banyak sekali menemui kesulitan, misalnya pas lengkungan dan pas ada telinga yang udah ditempel gitu, gimana cara ngejaitnya,, samapai skerang saya gatau. nanya ma orang2 rumah gada yg tau.. nanya ke salah satu blog juga ga dijawab. mungkin ada yang berkenan ngasi tau caranya??? (saya belajar otodidak,, belajar sendiri dari blog ma buku)^^ mungkin itu hal mudah bagi yang udah pada ahli ^^ tapi bagi saya itu sulit banget T_T (terkadang suka sampai ketusuk jarum pas jait yang udah di lem itu). untuk craft yang lain saya belum tahu,,, Soalnya saya baru tahu tentang yang berbahan kain flanel aja (ga tau bahasa craftnya quilting,patchworking dsb.. ga ngerti hehehe)

    Dan paling ingin di pelajari ?
    Untuk pemula seperti saya, saya pengen bisa menjahit dengan rapi (ga kaya skg hehe apalagi pas lengkungan dan ada kuping yg dilem gitu, berantakan banget), pengen bisa berkreasi dalam smua hal dengan kain planel ^^. Saya pengen banget belajar menjahit pake mesin jahit. Kayanya seru ya.. tapi belajar kemana?? saya pengen belajar ngerajut, tp ga da gurunya...pengen bikin tas, bantal boneka dsb.. Intinya saya pengen buat sesuatu yang lucu dan unik,biar bisa nambahin boneka-boneka , tas-tas an bantal-bantal yang saya punya. hehe,,,,, (kalo ke toko & lihat blog suka ngiler pengen beli kalo ada yang lucu dan bagus, kalo bisa kan bisa bikin sendiri hehehe,,,)

    makasi ya mba...
    Smanagt dan terus berkarya ya ^^

    ReplyDelete
  7. Mba Dini, Mba Chesie aku ikutan..^_^

    blog, FB n Twitter sudah aku follow..:D

    Craft apa yg menurut teman-teman paling sulit dan paling ingin di pelajari ?

    >> Menurutku craft yg sulit dan ingin aku pelajari itu RAJUT dan CLAY.. Ngiri banget liat karya-karya temen IC yg buat craft dari Clay dan Knit yang keren-keren.. *terus bertekad mengembangkan bakat..hehe

    ReplyDelete
  8. Tugasnya udh semua ya mbaa...

    Yg ingin aq pelajari itu pasang bisban di dompet sm crochet..klo psg bisban blm rapih terutama ditikungan.klo crochet itu butuh kesabaran yg sangat dan ngilangin rasa bosen pas ngerjainnya..

    Smoga bs menang..hehe..

    Salam
    eni
    octoberis.blogspot.com
    ariyanthie@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Salam kenal mbak...mo ikutan GA!!
    Follow blog n FB done mbak!! twitter ga punya....
    menurut saya craft yang paling sulit adalah menjahit. sebenarnya saya suka menjahit, tapi untuk proyek-proyek kecil aja. kalo untuk bikin proyek besar macam baju, tas saya lum bisa manage waktu....coz saya cenderung merasa bosan dengan pekerjaan butuh waktu lama..

    craft yang pingin banget saya coba adalah membuat patchwork, atau project2 dari kain, misalnya tas kain, bantal lucu, totte bag, clothbook, dll.


    salam

    Ninik Umm Fatih
    blog: http://rumahcraft.wordpress.com/
    email: niniksrihartini@ymail.com

    ReplyDelete
  10. halo mbak.. ikutan nih GA nya
    craft yang ingin saya pelajari itu paper quilting, crochet ,amigurumi. hasilnya lucu-lucu, dan cara pembuatannya menantang gitu.
    FB : Shofi Iqtina Hawan
    Twitter : @Shofi_Hawan
    blog : http://justlittlenoteofmylife.blogspot.com
    email : shofiiqtinahawan@rocketmail.com

    ReplyDelete
  11. haii mbak chesie dan mbak dian, dicolek di fb ada giveaway lucu langsung deh capcus :)

    craft yang paling sulit dan pengen banget belajar ituu bikin amigurumi sama crochet. Gak tliten T_T huhu.
    Sering liat2 blog crafter yang bisa crochet suka mupeng, gimana cara bikinnya yaa
    semoga bisa lebih tliten lagi deh, hehe...

    Sukses selalu buat mbak-mbak cantik yaa

    blog : heppieyippie-shop.blogspot.com
    email : heppieyippie@ymail.com

    ReplyDelete
  12. buat saya paling susah tuh crochet, bukan karena gak bisa step-by-stepnya, tapi karena (entah mengapa) benang yg saya pakai cenderung mbulet.. apa ya bahasa Indonesianya mbulet? itu loh kondisi benang yg ruwet-tak-terurai.... andaikan... ya, andaikan.. ada yg dengan senang hati mengurai benang ruwet saya, pasti saya suka crochet :D

    Semoga makin sukses kehidupan handicraft di Indonesia, mendapat posisi di hati rakyat Indonesia, dan dihargai secara layak! Gak ditawar gitu loh.... hehehe....

    blog : http://limeleave.com
    email : limeleave@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Mba Dini dan Miss Chesie,

    Acara "follow-memfollow" sudah saya kerjakan.Bahkan sudah lama...

    Craft yang paling sulit sekaligus paling ingin saya pelajari adalah crochet. Bahkan sampai sekarang belum berani mencoba.Sepertinya koq ruwet gitu ya...?
    tapi semangat untuk belajar masih menyala.he..
    selalu terpesona dengan teman2 yang piawai bermain benang. Kapan ya segera menyusul?

    selalu setia memburu giveaway di blognya Miss Chesie. Semoga kali ini saya beruntung.

    murdisiwia@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  14. Halo mbak...

    follow2nya udah ya..

    gak tega nyebut diri crafter..kasian yg crafter beneran nanti hehehe..
    masih belajar mbak ...
    makanya pertanyaannya pas

    craft paling susah...(gampang jawabnya) yang berhubungan dengan jarum ..nah!
    aku temenannya ma plier, beads, lem kertas dll
    makanya obsesi sampai saat ini adalah bersahabat dengan jarum dan keluarganya..hahaha... urusan jahit, nyulam dll.
    herannya..sebetulnya dari kecil aku dah liat ibuku ngerjain itu semua..cm gen belum bereaksi kali ya...

    salam kreatif ya mbak..

    hugs
    fb: Buttons Craft/Dina Santoso
    email : cover_buttons@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  15. Halo ........

    Untuk follow mem follow and like nge like udah yaa

    hhmmmm, saya anak baru dan baru belajar sih tentang "craft". ( da
    makanya pingin cobain satu satu, xixixix ( modal nekad ) tapi menurut saya, tentang craft yang paling sulit dipelajari menurut saya adalah, jahit menjahit ( khususnya menjahit baju dengan pola, pola ) aduh susah banget krn harus mengukur , trus dealing dengan angka dan perhitungan matematis, hehhehe saya pasti dah lemes, krn saya kurang suka dengan angka, hehehheheh tapi tetep pingin belajar, semangat berkobar kobar apalagi sejak punya baby girl, pingin bikinkan baju baju cantik buat dia,
    andai dah bisa menjahit baju dari dulu dulu, n gak melarikan diri waktu sama ibu disuruh kursus menjahit, hehhehehhe

    Semoga buku itu nanti bisa jadi milik saya, hhwehehheh

    Salam kreatif

    Love n Hug

    Lydia : http://www.facebook.com/lydia.sulistyanto.9?ref=tn_tnmn

    Lydia : http://newbiecrafter-newbie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Antara craft yang paling sulit dan yang ingin dipelajari agaknya jadi dua jawaban yang berbeda..

    Menurutku yang paling sulit buatku adalah crochet.. bukan karena sungguhan sulit(karena aku percaya apa aja bisa kalo bener2 niat), tapi karena entah kenapa aku tak bisa pernah tertarik (bahkan cenderung sengaja menghindar) untuk serius mempelajarinya lebih dalam, bahkan sejak mengenalnya 3 tahun yang lalu.
    Lebih sulit lagi untuk tidak terlibat dengannya, karena sehari-hari aku selalu terlibat dengan knitting, dan semua orang tahu crochet dan knitting adalah saudara.

    Sementara yang paling ingin kupelajari adalah menjahit.
    Knitting memang bisa menghasilkan apa yang aku mau dengan baik, tapi kadang aku ingin membuat sesuatu tanpa harus menyusunnya dari gulungan benang. Dan tampaknya aku harus mulai berkenalan dengan mesin jahit dan menjalin hubungan baik secepatnya.

    btw, Semua follow dan like sudah dibereskan..
    button bisa dilihat di sisi kiri http://ajeng-sitoresmi.blogspot.com/
    contact and share at twitter : @ajeng_poyeng

    ReplyDelete
  17. waaahh kalo aku sh paling susah dan paling ingin di pelajari adalah patchwork and quilting.keren gitu ngeliat karya2 patchwork orang bule .jadi pengen bisa bikinnya ....blog,twitter,fans page semua uda di follow.DONE!!

    ReplyDelete
  18. Ikutan ya mb chessi n mb dini...........
    udh follow semua hehe....
    jawabannya:
    banyak sih yg sulit klo kt gak mau belajar...ada pepatah "bisa krn biasa",jd klo kt mau belajar pasti bisa walau awalnya sulit....dan yg ingin dipelajari jg banyak hehe...pengen bs bikin whpo,dompet,tas,dll...krn aku aslinya pemula tp haus ilmu pen-crafter-an haha....sayang d daerahku jarang ada workshop.....
    gt y mb chessi n mb dini.....Semoga aku beruntung ya....cayoo

    ReplyDelete
  19. ikutaaaaan :D
    craft yg ingin aku pelajari adalah merajut, sebenernya udah pernah nyobain sih, tp baru pola-polanya aja, belum sampe jadi suatu barang hehe. pengen bgt belajar lagi dan bisa menghasilkan sesuatu :)

    all done? semoga aku beruntung ya mbak chesie dan mbak dini, makasih :D

    salam,
    DINDA :)
    dinda.ramadhanty@ymail.com
    http://disaenadinda.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. Hai, kak..
    Aku lagi pingin belajar merajut sama menyulam. Bundaku bisa sih, tapi gak sempet ngajarin ke aku. Jadinya disuruh belajar sendiri deh. Oh ya, aku pingin bisa buat Case hp rajutan buatan aku sendiri, jadinya DIY gitu. Semoga ntar kalo menang buku buku itu, bisa bantu aku belajar craft. Wish me luck deh :)

    Udah lakuin semua perintah.
    Like fanpage, sudah. Follow twitter, sudah. Follow blog sudah. Share info ini, sudah.

    FB: Dyah Ayu Nurinda Shabrina
    Twitter: @super_enda
    GFC: Dyah Ayu Nurinda Shabrina
    Share di twitter: https://twitter.com/super_enda/status/283014536003461122
    Share di GooglePlus: https://plus.google.com/107695998268466813557/posts/QWXS1PT8UAg
    Share di Fb: http://www.facebook.com/nurindashabrina2/posts/470318719672108
    Share di FB lagi: http://www.facebook.com/nurindashabrina2/posts/384012165023549

    Semoga saya beruntung.. ^^

    Regards,
    Dyah Ayu Nurinda Shabrina
    nrndshbrn@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Ikutan ya mbak ^^ Semua persyaratan telah dilakukan ^^
    GFC: Dweedy Ananta
    Fb: Dweedy Ananta
    Twitter: @dwianantasari

    Craft tersulit saat ini yang sangat ingin saya pelajari adalah peper quiling mbak >.< Bahannya sangat mudah didapatkan tapi proses pengerjaannya ituloh mbak .___. Sangat butuh kesabaran yang besar!!!! Aku suka gemes liat hasil karya crafter yang mendalami paper quiling itu. Sejauh ini si karya paper quilingku belum pernah ada yang jadi :p

    Sukses terus buat mbak Dini dan mbak Chesie ^^
    love~

    ReplyDelete
  22. hi mba chesie dan mba dian,
    aku ikutan yaa Giveaway nyaa :D

    wahh menginspirasi sekali yaa mba dian ini, saluutt euyy
    bisa membagi waktu antara keluarga, capungmungil dan mengajar nya,
    semoga aku juga bisa seperti itu, suatu saat nanti, aamiin

    kalau di tanya Craft apa yang paling sulit ?? emm.. apa yaa, aku malah mau belajar semua jenis craft. aku yakin kalau kita niat dengan sungguh-sungguh dan nggak mudah menyerah, pasti tidak ada kata 'sulit'
    soal nya baru-baru ini, aku belajar merajut, yang tadi nya aku kira merajut itu 'njelimet' tapi nyatanya mudah dan aku menyukainya :) aku juga baru belajar needle flet atau fleece craft, yang di bikin nya di tusuk-tusuk pakai jarum, sering kali aku terluka tertusuk jarum dan sampai berdarah, hehe tapi nggak ada kata 'sulit' dalam pengerjaan nya, asal mau tetap bersabar :)

    semua syarat sudah ku penuhi yaa
    semoga aku beruntung ! aamiin

    salam manis,
    dyah ayu - golagotique

    ReplyDelete
  23. aku pengen banget bisa bikin bantal, haha mungkin buat para crafter ga terlalu sulit. tapi aku sama sekali ga ada bakat buat jdi crafter -.-

    makanya, suka salut banget sama orang2 yang bisa bikin sendiri barang2 unik itu. kalo bisa, aku acungin 4 jempol deh :D

    gfc : vanisa desfriani
    twitter : @Ishavanisa
    fb : vanisa desfriani
    email : pinkyangtakpernahpudar@ymail.com
    banner : http://vanisadesfriani.blogspot.com/

    :)

    ReplyDelete
  24. Holla Kak salam tahun baru ehheheh :P
    yang pinter ngecraft itu i buku, apa aja bisa, wkwkwk
    tapi aku sama sekali ga nurunin bakatnya :(
    malahan lebih demen online nyari GA wkwkkw
    kebangeten ya Kak,
    tapi kalo aku diajari sekali lihat bisa,
    yang tersulit itu, apa ya, aku ga bisa ngegambar :(
    jadi kalo bikin model2 yang bergambar agak susyeh --"
    ada tips ga kak?
    salam kenal buat semuanya :*

    GFC: Nyi PeDe
    twitt : @NyiPeDe
    fb: nyi.dewanti
    email: upilku_upilmu@yahoo.com
    button : http://npdewanti.blogspot.com/ [scroll ke bawah Kak]

    sukses buat semua

    regard

    ReplyDelete
  25. Salam kenal Kaaa...
    Ikutan GA kerennya yaa :)

    Aku suka banget sama craft. Aku juga pengen banget belajar buat kreasi rose kayak morning rosellette gitu. Bagi aku itu sulit, soalnya aku belum tahu gimana sih caranya supaya rosenya itu gembung kayak gitu?
    Aku pengeeeen banget belajar buatnya supaya bisa aku pakai sendiri :)

    Oh ya, aku udah ikutin semua stepnya
    FB : Mitha Juniar
    Twitter : @Juniarmitha
    email : mitajuniar22@yahoo.co.id
    GFC : Mitha Juniar

    Terima kasih
    Wish me luck!!

    ReplyDelete
  26. Hai kak...
    kalo aku paling susah bikin Smock. ribet bikin garis-garis atau kasih tanda buat pola smock-nya di kain.suuuuuusaaaah.kainnya nggak bisa diem ditempat kayak bikin garis di kertas (ya iyalah)...makanya sampai sekarang tas smock yang aku bikin gak kelar-kelar hihihiihii...

    GFC :Rifka Fatmawati
    Fb: https://www.facebook.com/rifka.fatmawati
    twitter: @rifkAshAmorie
    email: rifka_fatmawati@yahoo.com
    button: http://rifkashamorie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  27. salam kenal kak Chesiria dan kak Dian :)

    craft yg paling sulit menurut saya merajut
    karena merajut butuh kesabaran extra, dan polanya harus teratur pula. tapi merajut itu unik, hasilnya mengagumkan
    belajar merajut juga melatih kesabaran dan mengisi waktu luang :)

    syaratnya sudah dilakukan dengan senang hati :)
    gfc : Ida Yusnilawati
    fb : Ida Yusnilawati
    twitter : @idayusnilawati
    share :
    (facebook)
    (google+)
    (plurk)
    (slide bar)

    wish me luck :)
    ida_yus@yahoo.co.id
    salam, Ida

    ReplyDelete
  28. haiii.. cratf yang paling susah n butuh kesabaran menurut saya ya rajut hiihi.. dari dulu pengeeeen bgt bikin rajutan, tapi sampai sekarang, sampai punya anak, belum kesampaian :D

    smuanya uda di like n follow :):)

    email nathan.neea@gmail.com

    semoga beruntung #wish wish wish di taun baru :)

    ReplyDelete
  29. ikutan GAnya ya sista....
    Hmm...dunia craft yang plg susah dan yang plg ingin dipelajari...apa ya...
    menurutku kaya'nya susah semua....karena butuh kreatifitas tinggi plus kesabaran serta keuletan dalam setiap pembuatan barang2 kerajinan...apa lagi handmade...
    tapi ada satu ilmu craft yang pengen banget aku pelajari...yaitu rajut atau crochet...dari dulu udah belajar dari buku dari ahli tapi masih belum bisa juga....hehehe...

    blog, twitter sdh saya follow
    fan page juga sdh dilike...

    semoga menang ya, sista..
    sukses sll buat capungmungil dan miss chesie...

    ReplyDelete
  30. ikutan GAnya ya mbk :)

    hmmm, kalo menurut sy yg masih awam dlm dunia craft, ga ada yg sulit utk dipelajari asal kita tekun, sdkit brsbr dan ga bleh mdh mnyerah. jstru yg sulit mnrut sy itu adlah mncri passionnya, krn tnp passion mskipun kita bsa dn mmpunyai bnyk inspirasi ga akan mgkin trcpta suatu krya.
    craft yg paling ingin sya pelajari yaitu merajut,pgen bgt bsa merajut, bisa bkin tas, syal, topi dan sepatu rajutan bkinan sendiri :)

    ini fb aku : Yayas Wahyu
    twitter : @yayaswahyu
    button blog : yyas-wahyu.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. done for all :) sukses selalu yakkkkk

    Craft apa yg menurut teman-teman paling sulit dan paling ingin di pelajari ?
    rajut, patchwork, jahit boneka....ini yg aq pinginin,tp belajar dr video aja dan susah.

    email: ane_afrokh@hotmail.com

    ReplyDelete