February 21, 2013

Hari Inspirasi - Kelas Inspirasi 2013

Tanggal 20 Februari 2013 menjadi hari yang ditunggu - tunggu oleh sekitar 600 orang profesional yang menjadi volunteer dalam program Kelas Inspirasi
Begitu pula saya.

Saya hari itu bangun lebih pagi 2 jam daripada biasanya..karena terlalu excited mungkin, jadi ngga bisa tidur. Alarm di handphone jadi ngga terlalu berguna yaa..hahahhahaha..
Saya mempersiapkan materi dan menghapal lesson plan yang jadi panduan saya dalam mengajar nanti.
Jam 5 pagi saya berangkat dengan taxi..padahal ngumpul janjiannya jam 5.30. Tapi saya ngga mau ambil resiko telat karena macet, apalagi daerah Bintaro selalu menjadi biang macet..lewat 10 menit aja udah stuck di jalan.

Berangkat pagi banget itu sesuatu yaa..bau udara pagi masih bersih banget dan jalanan juga masih sepi..alhasil dari Bintaro ke Benhil cuma makan waktu 15 menit saja.
Daaaannn..saya super kepagian sodara - sodara..:)

Sambil menunggu teman - teman satu kelompok, saya pun meyisir sekolah kami, SD Negeri 01 Benhil. Sekolahnya cukup bagus, katanya ini baru saja di renovasi setelah sebelumnya tidak bertingkat.

Sekitar jam 6 pagi, satu per satu anggota kelompok kami mulai berdatangan dan kami mulai membahas bagaimana sebaiknya simulasi pengajaran dimulai. Ternyata satu hari itu, anak - anak tidak ada pelajaran sekolah, jadi waktu mereka dikhususkan untuk berbagi cerita bersama kami para team relawan dari Kelas Inspirasi.

Sekitar jam 7.40 bertepatan dengan bel pelajaran pertama bunyi, maka cerita kami pun dimulai.
Jam pertama saya kebagian untuk berbagi cerita di kelas 1.
Inilah sesungguhnya tantangan bagi semua guru..mengajar anak -anak kelas 1.
Mereka yang dengan semangat membara tapi perhatian masih sering terbagi - bagi harus bisa saya "taklukan" sesuai dengan lesson plan yang sudah saya buat.
Tapi lesson plan tinggal lesson plan. Pada kenyataannya, ternyata mereka hanya "takluk" dengan pelukan dan mendongeng.
Ya sudahlah..saya tinggalkan lesson plan saya, dan mulai mendongeng untuk mereka..kemudian setelah hampir 10 menit mendongeng, saya ajak mereka untuk bikin prakarya.





Dan ketika kakak - kakak photographer dan videographer datang untuk meliput mereka, maka kerusuhan pun dimulai..hahahahaha..mereka yang sudah selesai menuliskan cita - cita mereka kemudian berhamburan menghampiri photographer kami dan mulai mejeng - mejeng bernarsis ria.
Saya sempet melayangkan tatapan "oh mas..kenapa anda harus datang pada saat ini?" pada sang photographer, tapi sebelum saya sempet menhujamkan tatapan, mereka udah keburu bilang "sorry mba..sorry, lha kok malah jadi chaos gini.." sambil ikutan menatap saya dengan nelangsa..hahahaha..
Akhirnya kita pun ketawa barengan sama anak2 yang super narsis tersebut..:)




Setelah selesai menempelkan dan menggantungkan String of Dreams kami, saya pun melanjutkan mendongeng lagi mengingatkan mereka bahwa dalam menggapai cita - cita kita haruslah pantang menyerah, harus jujur dengan segala perbuatan kita, kemudian bekerja keras demi mewujudkan cita - cita kita dan yang terakhir kita harus menjadi pribadi yang mandiri agar bisa menjadi teladan bagi orang lain.

Untuk anak - anak kelas 1 saya aplikasikan 4 nilai tersebut dalam metode yang paling sederhana yang bisa mereka tangkap, tapi untuk anak - anak kelas 3 dan 4, saya mengataan bahwa penting untuk memegang teguh 4 nilai tersebut agar kita menjadi orang yang berhasil nantinya.

Dan anak - anak kelas 4 kemudian mengejutkan saya ketika saya hendak pamitan untuk ke kelas lain, mereka mengerumuni saya, menghujani saya dengan pelukan dan ciuman tangan, kemudian yang terakhir mereka bernyanyi sepenggal lirik "you are beautiful..beautiful..beautiful" dari girlband Cherrybelle.
Kemudian mereka minta foto bareng dan minta nomer handphone saya.
Ada satu anak yang berkebutuhan khusus di kelas 4 yang saya ajar tersebut, selama saya ngajar dia cuma diam ngga mau ikutan bikin String of Dreams, tapi begitu saya mau pamit, dia berdiri kemudian menangis dan memeluk saya sambil membisiki saya "nanti ibu mau datang lagi nengok saya kan ?"
Seketika itu saya meleleh.
Airmata saya juga sudah hampir meleleh, tapi saya tahan kemudian saya peluk dia dan saya bilang "ibu usahakan untuk datang lagi ya..janji untuk rajin belajar yaa.."

Ketika jam sudah menunjukan pukul 11 siang, kami bersama - sama para guru dan anak - anak menuju lapangan untuk kemudian melakukan closing ceremony. Kami hendak melepaskan merpati - merpati sebagai simbol bahwa merpati kami nanti akan terbang tinggi membawa semua doa, harapan, mimpi dan cita - cita kami.




Terbang tinggi wahai merpatiku...terbang dan bawalah cita - cita kami setinggi - tingginya...


Setelah closing ceremony, kami pun berfoto bersama...wweehheeee..this was also one of the best part from that day...kita saling bertukar nomer telpon, twitter id, dan bahkan ada beberapa anak minta alamat kami karena katanya mereka mau main kerumah kami kapan - kapan.









Salam Inspirasi dari Angkatan 2013 - Group 52 dan SD Negeri 01 Benhil Jakarta


Sampai jumpa di Kelas Inspirasi tahun depan...semangaaatt !!

Credit :
Some of these beautiful pictures were taken by our photgraphers and videographer : Antasari , Damar Aji, and Ardhy W Nugroho
Go follow them on twitter !

5 comments:

  1. yess,, kelas 1 memang luar biasaaa,, :D
    selamat ya, Bu Chesi :D
    taun depan lagi yuk ^^

    ReplyDelete
  2. senang bisa sekelompok :) ayo nanti ikutan lagi...

    -amariane.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. oh miss... i ve got tears on my eyes... ya ampuun terharu banget bacanya :)

    ReplyDelete
  4. mbak chessi menyenangkan sekali ya sepertinya acara inii :))
    seneng lihat foto2nya :) dan ceritanya pastinya :))
    semoga selalumenginsporasi mbak :))

    ReplyDelete
  5. keren mbaaaaak..mtaku berkaca2 selam baca postingan ini..
    semoga tahun depan aku bisa ikutan berpartisipasi di kelas Inspirasi Surabaya.. >,<b

    ReplyDelete