October 22, 2011

Mosha Beddings

Temen saya pernah nanya gini "Kok loe bisa-bisanya dagang sprei dan bedcover sih Ches? Itu kan segmented market sekali"
Kalo saya ditanya gimana awalnya bisa mutusin untuk terjun di dunia beddings essentias, saya juga bingung gimana jawabnya.
Mungkin jawaban paling jujur adalah karena kepepet..wahaaahahaha...seriously..ini semua bermula dari situasi yang sungguh kepepet buat saya.

Sejak melahirkan saya memutuskan untuk ngga kerja kantoran lagi..tanpa berusaha berniat unntuk jadi nyonya-nyonya yang cuma tumpang kaki nagih gajian dari suami..tapi keputusan ini (berhenti kerja maksudnya..bukan jadi nyonya-nyonya..hihihih..) udah saya pikirkan masak-masak sampai matang benar.

Saya ngga mau masa-masa menyenangkan melihat pertumbuhan anak saya terganggu dengan membaginya menjadi seorang wanita karir (taelaaahh..) dan seorang ibu. Saya salut banget untuk para wanita bekerja yang bisa membagi waktunya sama rata dengan urusan keluarga, tapi sepertinya saya masih mengukur kemampuan saya bahwa saya ngga bisa menjadi seorang "double agent"..ya harus berkutat dengan urusan kantor dan rumah dan anak..;p
Jadi saya putuskan untuk benar-benar menjadi ibu rumah tangga aja instead of meneruskan untuk membangun karir saya (aahhooyyy..bahasanya makin ngga enak..)

Tapi seiring berjalannya waktu dan seiring anak saya udah mulai besar..saya kangen banget untuk balik kerja lagi. Ngga mesti kerja kantoran karena saya ngga punya SDM untuk ngurus yang di rumah..tapi kerja yang sebenernya untuk memuaskan diri saya sendiri, tanpa harus ribet dengan urusan politik kantor dan denger ocehan bos lagi.
Saya curhat ke suami, dan dia bilang bahwa gimana kalo saya coba dagang apa kek via online..kan sekarang banyak banget social network yang bisa di manfaatkan untuk jadi sarana promosi dagangan kita.
Oke..saya putuskan untuk berdagang online (keren banget ya istilah ini)
Tapi barang atau jasa apa yang mau saya tawarkan ? Ngga bisa yang ribet karena saya masih punya toddler, tapi juga ngga mau yang sudah banyak di pasaran karena saya tau pasti sudah banyak pesaing nanti.

Lalu saya kepikiran untuk punya usaha bedding essentials setelah saya browsing salah satu bedding store di UK, menurut saya bisnis ini menjanjikan sekali karena pelakunya belum banyak jadi saingannya juga belum terlalu ketat (i'm not really much a competitive woman..being a mum is already exhausting..don't wanna pile up the exhaustness in my life..hehehe..)
Saya akhirnya mantap banget buat dagang sprei dan bedcover dan bedding esentials lainnya. Dan indahnya online store adalah, saya ngga perlu mengeluarkan modal terlalu banyak..jadi saya bisa menghemat, paling modal yg dikeluarkan untuk promosi aja.

Dibantu dengan adek ipar saya yang seorang graphic designer, saya membuat promotion tools seperti flyers, kartu nama, dan 1 promotion tools tambahan yaitu postcard.
Why postcard ? sebab saya suka mengirimkan sesuatu yang bisa mengingatkan cutomer saya akan produk saya. Dan menurut saya mengirim postcard lebih warm dan intimate daripada mengirimkan send-to-all email atau sms atau BBM. I like something old school..i think sometimes we really need that old-schoolness in our nowadays digitalized world.
Dan saya berpikir akan saya namakan apa online store saya ini ?
Mengingat pepatah jaman dulu..dari para sesepuh bahwa anak akan membawa rejekinya sendiri-sendiri..maka saya putuskan un tuk memberi nama MOSHA BEDDINGS pada online bedding store saya. That's sound ear catchy and professional to me..dan apabila saya nanti mau ekspansi ke misalnya bisnis jewelry, saya bisa menamakan sister company saya nanti menjadi MOSHA JEWELRY, dsb..dsb..dsb..;p

Ini adalah flyer MOSHA BEDDINGS..keseluruhan warna dan tampilan saya buat sangat sederhana, karena menurut saya sederhana memperlihatkan profesionalitas.


Lalu ini adalah kartu nama saya..same like flyer, saya mau semuanya sederhana tapi tampak profesional.

MOSHA BEDDINGS ini sudah berjalan hampir 2 tahun..so far so good and it's really a great business.
If you want to order, you can check our on line store here
Or email us at moshabeddings@yahoo.com

Not bad for a mother to run this business, right ? :)

No comments:

Post a Comment